Translate

6 Langkah Memiliki Mobil Secara Kredit

ADSENSE HERE
Mobil kredit dp rendah


Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan mendesak bagi sebagian orang. Selain untuk pergi bekerja, mobil juga digunakan sebagai sarana penunjang bisnis, baik itu sebagai angkutan barang ataupun orang.
Apapun tujuan Anda, untuk Memiliki mobil yang diidamkan bagi sebagian besar orang adalah hal yang membutuhkan usaha keras.
Bagi sebagian orang yang Memiliki anggaran yang cukup, memiliki mobil secara tunai akan menjadi pilihannya. Namun, bagi sebagian orang yang perlu menjaga kemampuan finansialnya tetap pada level yang sehat, memiliki secara kredit bisa menjadi salah satu alternatif.
Sebelum mulai membahas langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk Memiliki mobil, sebaiknya Anda perlu tahu dulu untung dan rugi memiliki mobil secara kredit.

Untung-Rugi Memiliki Mobil Dengan Cara Kredit

Sejak hadirnya banyak lembaga keuangan yang menawarkan sistem kredit, Memiliki mobil kini menjadi semakin mudah. Pilihan jangka waktu pembayaran menjanjikan keringanan dalam membayar angsuran. Selain itu lembaga keuangan juga memberikan kemudahan dalam mengurus berkas yang dibutuhkan dengan pelayanan yang ramah.
Bagaimanapun juga, Memiliki mobil secara kredit juga akan mendtangkan kewajiban materil untuk Anda. Sebab itu pastikan Anda juga tahu untung rugi memiliki mobil secara kredit sebagai bahan pertimbangan sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Keuntungan Memiliki Mobil Secara Kredit

1. Menambah Perputaran Modal Untuk Tujuan Produktif

Apabila Anda menggunakan mobil sebagai kendaraan niaga, Memiliki mobil dengan cara kredit akan menjaga stabilitas keuangan usaha Anda sekaligus meningkatkan produktifitas. Selain itu kepemilikan mobil juga akan tercatat sebagai modal pada neraca keuangan sehingga nilai perusahaan Anda meningkat.

2.    Mempercepat Kepemilikan Aset

Menyisihkan pendapatan Anda untuk dapat Memiliki mobil bisa jadi memerlukan waktu yang lama dan komitmen yang besar. Namun dengan kredit, Anda dapat Memiliki mobil dalam kurun waktu yang relatif lebih cepat apalagi jika Anda sudah dituntut oleh kebutuhan yang mendesak. Lewat lembaga keuangan, Anda hanya perlu melengkapi persyaratan yang dibutuhkan lalu Anda sudah bisa membawa pulang mobil impian Anda.

3.    Angsuran Membuat Pembelian Mobil Menjadi Lebih Mungkin

Bagi sebagian besar orang, memiliki mobil merupakan salah satu transaksi terbesar dalam hidupnya setelah membangun rumah. Mengeluarkan uang hingga ratusan juta dalam sekali waktu tentu sangat berat bahkan tidak mungkin bagi kebanyakan orang.
Cara kredit atau mengangsur tentu membuat pembelian mobil menjadi jauh lebih ringan dibandingkan harus membeli dengan harga tunai. Apalagi kebanyakan orang akan mudah tergoda untuk menggunakan tabungannya untuk keperluan lain. Sebab itu, dengan kredit, memiliki mobil menjadi lebih mungkin.

Kerugian Memiliki Mobil Secara Kredit

1. Menjadi Beban Keuangan

Dengan mengajukan kredit kepemilikan mobil, berarti Anda juga harus berkomitmen dengan tanggung jawab baru berupa kewajiban angsuran tiap bulan dalam kurun waktu tertentu. Selama itu juga berarti Anda harus selalu menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda agar tidak mengalami kesulitan finansial.
Pahami bahwa Anda berhadapan dengan resiko mendapatkan penalti berupa denda ketika Anda telat membayar angsuran, resiko penyitaan ketika tidak mampu membayar kredit, hingga resiko kehilangan sehingga Anda akan tetap dibebani kewajiban mengangsur meskipun mobil sudah hilang, entah akibat pencurian ataupun kecelakaan. Itu semua tidak hanya memberikan beban meteriil namun juga beban psikologis.

2. Terjerat Bunga Tinggi dengan Tingkat Suku Bunga yang Tidak Stabil

Anda harus mengetahui bahwa perbankan di Indonesia mengenal dua jenis suku bunga yaitu suku bunga tetap (flat rate) dan suku bunga mengambang (floating rate). Pada suku bunga tetap, Anda akan dibebani dengan besaran bunga yang akan selalu tetap tanpa dipengaruhi kebijakan bank sentral. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya tingkat suku bunga yang fluktuatif.
Sedangkan pada suku bunga mengambang, besaran bunga yang dibebankan pada Anda akan mengikuti aturan bank sentral. Hal ini akan menyebabkan Anda harus bersiap jika sewaktu-waktu suku bunga naik. Namun Anda juga akan diuntungkan jika suku bunga yang dibebankan turun. Ini semua bergantung dari kebijakan bank sentral.
Pada beberapa segmen pasar seperti pangsa pasar syariah, konsumen tidak diperkenankan untuk bertransaksi dengan instrumen pembiayaan dengan melibatkan bunga atau interest. Dengan begitu konsumen perlu selektif dalam memilih lembaga keuangan yang syariah, bisa berupa Bank Syariah atau lembaga keuang syariah lainnya.

3. Harga menjadi jauh lebih mahal

Dealer harus mencadangkan sejumah uang sebagai antisipasi resiko gagal bayar oleh konsumen. hal inilah yang membuat harga tunai Memiliki perbedaan yang signifikan dengan harga kredit.
Selain itu dealer juga menetapkan margin keuntungan yang lebih besar kepada konsumen yang  memilih metode kredit. Hal ini untuk menutupi biaya yang muncul pada transaksi non-tunai seperti biaya asuransi, biaya administrasi, dan sebagainya.
Beberapa dealer menjanjikan potongan harga pada konsumen yang membeli mobil secara kontan. Sehingga Anda akan Kehilangan peluang mendapatkan diskon akibat pembelian kredit. Bagaimanapun transaksi tunai akan membuat arus kas perusahaan dealer menjadi sehat dan terbebas dari resiko. Itu sebabnya mereka menganjurkan konsumennya untuk membeli secara kontan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Memiliki Mobil Dengan Cara Kredit

Apabila Anda sudah memperhitungkan untung rugi memiliki mobil dengan cara kredit dan memutuskan untuk memiliki mobil dengan cara kredit, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Beberpa hal tersebut kami rangkum dalam beberapa poin dibawah ini:

1. Kenaikan Harga

Beberapa faktor seperti biaya administrasi, biaya produksi, upah buruh, inflasi, nilai tukar atau kurs, dapat mempengaruhi harga mobil. Apabila kondisi perekonomian sedang baik tidak ada salahnya menyegerakan pengajuan kredit. Jika sebaliknya, lebih baik tunggu hingga kondisi perekonomian memihak pada Anda.

 2. Kebutuhan

Tidak hanya angsuran tiap bula, Biaya-biaya lain semisal biaya servis, ganti oli, hingga biaya bahan bakar juga harus Anda keluarkan setiap bulannya. Sehingga apabila Anda memang belum terlalu membutuhkan mobil pribadi ada baiknya Anda menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan online daripada kebutuhan sehari-hari Anda tidak bisa dicukupi.

 3. Lembaga Keuangan

Ketetapan Bank Indonesia (BI) mewajibkan Anda membayar uang muka (down payment/DP) kredit mobil minimal sebesar 25%. Dan juga Anda harus Memiliki besaran penghasilan yang disarankan sebesar Rp5-7 juta.
Selain itu tentukan jangka waktu pelunasan, semakin lama jangka waktu kredit Anda, maka total kredit yang harus dibayarkan makin besar. Pilih jangka waktu kredit yang ideal untuk Anda sehingga Anda cepat terbebas dari beban kredit sekaligus mendapatkan harga akhir yang paling kecil.
Mobil kredit tanpa DP

Persiapan Sebelum Melakukan Pengajuan Kredit Kendaraan

Tiba saatnya bagi Anda untuk mulai mempersiapkan syarat-syarat pengajuan kredit mobil. Sebelum itu pastikan Anda melakukan persiapan-persiapan yang kami rangkum dibawah ini:

1. Tentukan Mobil Idaman Anda

Ada banyak jenis mobil yang tersedia di pasaran mulai dari MPV, Sedan, SUV, Hatchback hingga LCGC. Pertimbangkan berapa banyak penumpang mobil ini nantinya, siapa pemakai rutinnya, untuk tujuan apa mobil ini dibeli, ke mana mobil ini akan dipakai dan lain sebagainya.
Jenis SUV cocok untuk keluarga dengan tenaga mesin dan daya jelajah yang besar, berkapasitas 5 hingga 7 orang dan cocok untuk bepergian jauh dan bagi yang hobi bertualang. Contoh:New Rush, Land Cruiser dan All New Fortuner.
Jenis MPV didesain untuk banyak keperluan dengan kapasitas mencapai 7 orang penumpang. Contoh : Kijang Innova, Avanza, dan All New Sienta. Jenis sedan yang cocok untu kelas eksekutif dan pengusaha, dengan pilihan Corolla Altis, Vios, Camry hingga BMW S Class.
Ada juga jenis Hatchback untuk keperluan kendaraan sehari-hari di kota atau city car. Jenis mobil ini berkapasitas 5 penumpang dan ditemui pada mobil Etios Valco, Toyota Yaris, dan sebagainya. terakhir jenis LCGC, mobil ini Memiliki harga yang murah dengan spesifikasi mobil yang tidak terlalu tinggi misalnya Toyota Agya, Ayla, dan lainnya. 

2. Pertimbangkan Kondisi Keuangan Anda

Seperti dibahas sebelumnya, keputusan Anda memilih metode kredit akan berdampak besar pada kemampuan finansial dan perilaku konsumsi Anda. Pastikan Anda membuat skala prioritas untuk menentukan kebutuhan mana yang harus Anda dahulukan hingga akhirnya mengambil keputusan untuk membeli dan memilih mobil idaman Anda.

Baca Juga :

3. Lakukan Riset Pasar Untuk Mencari Referensi Harga Sebanyak Mungkin

Jadilah konsumen cerdas, tiap vendor atau dealer menawarkan harga yang berbeda. Ketahui mana vendor yang memberikan harga termurah tanpa adanya biaya tersembunyi. Selain itu jangan mudah tergiur tawarn asesoris tambahan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan agar biaya angsuran tidak membengkak.

4. Menabung untuk Mempersiapkan TDP Mobil Impian Anda

DP adalah uang muka sebagai pembayaran pertama, sedangkan TDP adalah total biaya uang muka setelah ditambah dengan biaya administrasi, biaya asuransi, dan sebagainya. Besaran TDP biasanya antara 20-30%. Maka dari itu mulailah perencanaan Anda dengan menyisihkan pendapatan Anda untuk dapat Memiliki uang TDP.

5. Tunjukkan Rekening Pribadi yang Sehat untuk Pengajuan Kredit Mobil

Rekening yang sehat dapat meyakinkan lembaga keuangan untuk mempercayai Anda. Acuan kredit yang terdiri dari 5 C (Capital, Capacity, Condition, Character,dan Collateral) akan terbaca pada laporan rekening yang anda miliki. Maka dari itu jagalah kondisi keuangan Anda pada level yang sehat.

6. Melengkapi Berkas Persyaratan Kredit

Lengkapi berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan kredit seperti fotokopi KTP, Slip gaji, Rekening Listrik/Telepon/Air dalam sebulan terakhir, Rekening Tabungan dalam 3 bulan terakhir, TDP/SIUP/NPWP dan Kartu Keluarga. Persiapkan juga berkas-berkas lain apabila dalam aplikasi kredit jika memang diminta.

Kesimpulan

Jika Anda yakin untuk mengambil secara kredit, manfaatkan cara-cara yang telah disebutkan di atas agar pengeluaran mobil bisa diminimalkan. Siapa tahu dengan melakukan cara-cara tersebut pengeluaran rutin di luar cicilan mobil bisa diatasi. Jadi, pertimbangkanlah dengan matang sebelum akhirnya membuat keputusan.


ADSENSE HERE

1 komentar

  1. Baccarat: How To Play - Play Online With the Best Experts
    It's called the best 샌즈카지노 way to play Baccarat. You can find 바카라 사이트 a 1xbet korean game at the best online casinos in the United States which offers a great array of

    BalasHapus