Translate

Letak-letak ban serep, kunci dan dongkrak mobil yang sering digunakan

ADSENSE HERE
Letak ban cadangan

Tahu kah Anda dimana letak dongkrak pada Honda CR-V? Atau bagaimana dengan milik Toyota Yaris yang berada di bawah kursi penumpang depan?
Banyak orang yang tidak tahu dimana dan bagaimana cara menggunakan alat-alat penting pada kondisi darurat dikarenakan tidak membaca buku manual yang diberikan ketika membeli mobil dan langsung saja memakainya ketika sudah memegang kuncinya. Akibatnya disaat darurat kebanyakan orang bingung bagaimana caranya agar bisa keluar dari situasi tersebut, ban kempis misalnya.
Oleh karena itu kali ini kami ingin menyajikan sebuah artikel yang sangat penting bagi Anda para pengguna mobil agar dapat mengetahui apa saja hal yang mesti Anda lakukan ketika berada pada situasi tersebut. Seperti, dimana letak peralatan yang diperlukan, dan bagaimana standar prosedur yang aman untuk mengeksekusi situasi tersebut.
Dengan begitu Anda dapat memiliki pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. Berikut ulasannya :

Letak


Beragam mobil memiliki desain yang berbeda-beda, begitu juga space management dalam meletakkan alat-alat seperti dongkrak, ban cadangan, dan sebagainya. Akan tetapi terdapat pola mainstream yang dapat  langsung Anda ketahui, ketika tidak mengetahui posisi alat-alat tersebut di mobil Anda.

1. Ruang Bagasi

Letak ban cadangan

Kebanyakan mobil jenis sedan meletakkan ban cadangannya di bagasi, dan beberapa tipe MPV seperti Nissan Grand Livina yang menjadikan bagasi untuk menyimpan ban cadangan. Kuntungan desain ini adalah lebih terjaganya kebersihan ban serep, mudah dibuka, dan aman dari pencuri.

2. Kolong Mobil

Letak Dongkrak Mobil

Tempat ini juga telah umum digunakan banyak pabrikan otomotif dalam menyimpan ban cadangan seperti kebanyakan mobil-mobil MPV. Penempatan ban cadangan pada bagian ini memberi banyak keuntungan seperti lebih hemat ruang daripada menggunakan ruang kabin ataupun bagasi.  Akan tetapi penempatan di kolong mobil juga memiliki kelemahan diantaranya adalah sulit dalam mengeluarkan ban cadangan, dan mudah sekali kotor, dan perlu lebih banyak alat untuk melepasnya dari tempatnya semula seperti kunci dan dongkrak.

3. Pintu Belakang Mobil

Letak Dongkrak Mobil

Kebanyakan mobil sport berjenis SUV menyimpan ban cadangannya pada pintu belakang mobil, selain praktis penempatan ban pada bagian ini juga dapat menampilkan kesan gagah/lebih adventure. Karena diletakkan di tempat terbuka maka untuk mencegah ban cadangan mudah kotor dan getas produsen juga menyertakan cover penutup ban agar lebih aman. Kekurangan desain ini adalah akses pintu belakang yang terganggu dan menjadikan bodi mobil menjadi lebih panjang sehingga mempengaruhi keseimbangan mobil saat menikung.
Selain penempatan diatas, berikut ini daftar beberapa penempatan yang lebih spesifik pada beberapa mobil lainnya, berikut beberapa di antaranya:
Nama Mobil
Letak Ban Cadangan
Toyota Yaris
Di bawah kursi penumpang depan tertutup cover plastik
Vios
Di bawah kursi penumpang depan tertutup cover plastik
Avanza
Di bawah kursi penumpang depan tertutup cover plastik
Daihatsu Xenia
Di bawah kursi penumpang depan tertutup cover plastik
Toyota Innova
Di kompartemen tertutup di sebelah kiri bagasi
Honda Freed
Di kompartemen tertutup di sebelah kanan bagasi
Nissan Serena
Di kompartemen tertutup di sebelah kanan bagasi
Toyota Agya
Di kompartemen di atas ban serep
Daihatsu Ayla
Di kompartemen di atas ban serep
Hyundai Grand Avega
Di kompartemen di atas ban serep
Honda Jazz
Di kompartemen di atas ban serep
Hyundai H-1
Di kompartemen tertutup di samping side step pengemudi
Suzuki APV
Di dalam ruang di balik kap depan
Mitsubishi Maven
Di dalam ruang di balik kap depan
Daihatsu Terios
Di Pintu Belakang
Grand Livina
Di dalam bagasi

Standard Operating Procedure (SOP)

Letak Dongkrak Mobil

Setelah Anda tahu dimana keberadan alat-alat penting diatas, selanjutnya adalah bagaimana aturan mainnya sesuai dengan SOP. Hal ini sangatlah penting sebab apabila Anda menyepelekannya bisa jadi Anda dan orang disekitar Anda bisa celaka.  Berikut ini SOP-nya:

1. Lakukan penggantian ban pada permukaan yang keras dan datar seperti lantai beton atau aspal. Hindari mendongkrak mobil Anda di atas lahan yang gembur sebab beban mobil Anda bisa mencapai satuan ton sehingga hal ini dapat membuat dongkrak dan mobil Anda terbenam di dalam tanah. Mengganti ban di permukaan datar adalah bentuk antisipasi dari potensi mobil melaju secara tiba-tiba dibidang miring.

2. Tarik rem tangan atau gunakan pengganjal pada ban belakang.

3. Kendorkan mur pada ban sebelum melepaskannya. kendorkan dengan arah menyilang jika ban yang Anda pakai terdiri dari 4 mur, dan arah segitiga jika ban yang Anda pakai terdiri dari 5 mur.

4. Letakkan dongkrak pada lifting point (Posisi untuk mengangkat beban mobil).

5. Dongkrak ban hingga berada dalam posisi yang dapat diputar.

6. Lepas mur pengunci dan ban yang kempis dengan ban cadangan yang sudah Anda siapkan. 

7. lanjutkan dengan memasang mur pengunci dan pastikan telah terpasang dengan ulir yang tepat.

8. Goyang-goyangkan ban sembari kembali mengencangkan mur dengan alur pengencangan yang tepat (silang atau segitiga).

9. Turunkan dongkrak dan kencangkan kembali mur yang telah terpasang agar lebih yakin.

Tips Mengganti Ban Mobil

Letak Dongkrak Mobil

·         Pastikan ban cadangan yang Anda bawa tidak bocor
·         Jangan membawa ban cadangan dengan alur ban yang sudah tipis.
·         Pastikan ban cadangan yang Anda bawa dalam kondisi normal dan layak pakai
·         Jangan sekali-kali meremehkan SOP, sebab mengganti ban adalah pekerjaan berbahaya
·         Jangan mendongkrak dengan posisi tubuh berada di kolong mobil sebab apabila terjadi dongkrak fail bodi kendaraan bisa  menimpa Anda.

Taruh ban cadangan sebagai bantalan di bawah kendaraan sehingga apabila terjadi dongkrak fail ganjalan ini dapat mencegah bodi langsung jatuh ke permukaan jalan. Pasang segitiga pengaman 10-20 meter dari bodi belakang. Perhatikan tekanan angin pada ban cadangan, pada umumnya tekanan ban cadangan lebih besar daripada ban biasa yaitu lebih dari 33-35 psi.


Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, kami berharap tiap artikel yang kami sajikan membuat Anda dapat memiliki pengalaman berkendara yang lebih nyaman, lebih aman, dan makin bergaya. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya dan salam otomotif! ADSENSE HERE